Stalkture
  1. Homepage
  2. @jokowi
Joko Widodo (@jokowi) Instagram Profile Photo

jokowi

Joko Widodo

Akun Instagram resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo 🇮🇩. Dikelola oleh Tim Komunikasi Digital Presiden.

Posts by date

Most used words in caption

Avg Like Count: 544.4K

Joko Widodo (@jokowi) Instagram photos and videos

List of Instagram medias taken by Joko Widodo (@jokowi)

Selamat pagi. Bendung dan tanggul ini sungguh indah. Seperti susunan balok warna biru dan kuning selang-seling yang di sela-selanya air mengalir dari bendungan di atasnya. Inilah bendung Sungai Gugubali di Pulau Morotai, Maluku Utara yang dibangun Kementerian PUPR tahun lalu. Lebarnya 30 meter, untuk mengairi daerah irigasi seluas 300 hektare. Nah, balok-balok biru kuning itu adalah susunan blok-blok beton tipe Pusair yang saling mengikat dan mengunci, membentuk struktur ambang dan pelimpah bendung. Inilah teknologi Bendung Modular untuk menaikkan tinggi muka air Sungai Gugubali yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR. Inovasi teknologi ini bermanfaat untuk daerah terpencil seperti Pulau Morotai. Konsep bendung modular memiliki sambungan yang kuat, cukup kedap untuk mengurangi kehilangan air, dan strukturnya dapat beradaptasi dengan perubahan dasar sungai. Balok yang rusak dapat diganti sesuai bagiannya. Inovasi dan teknologi diperlukan dalam pembangunan infrastruktur untuk menjadi lebih baik, cepat, dan lebih murah. Dan satu hal lagi, ini karya anak bangsa sendiri.

Pemain-pemain Indonesia merajai ganda putra turnamen bulutangkis China Open 2019 di Olympic Sports Center Gymnasium Changzhou, Tiongkok. Bertarung sesama pasangan Indonesia di final yang baru saja berlangsung, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi juara setelah mengalahkan seniornya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. ⁣ ⁣ Dari tanah air saya menyampaikan selamat kepada duo Minions!

Pernah menyusuri jalan darat Jakarta ke Bandung atau sebaliknya melalui jalan tol Cikampek hari-hari ini? Macet, bukan? Ya, harap dimaklumi. Di jalur itu, lalu-lintas jalan tol agak terganggu oleh pekerjaan besar yang sedang kita laksanakan yakni pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II, Kereta Cepat Jakarta Bandung, dan kereta ringan LRT Jabodetabek. Japek II adalah jalan tol sekaligus jembatan terpanjang di Indonesia. Jalannya membentang sepanjang 36,4 kilometer, seluruhnya berupa konstruksi layang yang ditunjang 9.000 tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat. Nah, jika tak ada aral melintang, Japek II ini akan beroperasi pada akhir November 2019 dan bisa dilewati kendaraan para pemudik Natal dan tahun baru 2020. Saat ini, pekerjaan Japek II sudah mencapai 96,5 persen. Hari Senin besok, uji beban menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton digelar di atas Japek II. Apabila Japek II telah beroperasi, saya berharap kemacetan panjang di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang Anda alami hari-hari ini, akan berkurang jauh.

Pesawat Hercules C-130 terbang di atas Riau pada hari Rabu lalu, menyemai garam di lintasan awan di sepanjang udara Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kota Padang Sidempuan. Pada hari yang sama, Pesawat CN295 juga menebar garam di udara Kalimantan, di atas wilayah Kabupaten Katingan, Kota Palangkaraya, dan Kabupaten Kapuas. Alhamdulillah, operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan ini berhasil. Hujan turun membasahi hutan-hutan Riau dan Kalimantan yang disasar dalam operasi ini. Operasi teknologi modifikasi cuaca untuk menurunkan hujan buatan akan terus kita lakukan di wilayah Sumatera dan Kalimatan. Kerja keras petugas BNPB, BPPT, BMKG, aparat TNI dan Polri, pemerintah daerah dan para relawan, tentu atas doa-doa kita semua, semoga kian mengurangi meluasnya kebakaran hutan dan lahan, serta paparan asap di atas Sumatra dan Kalimantan.

Jalan-jalan pagi di sekitar Istana Bogor bersama Jan Ethes, melihat kuda, kambing, dan rusa merumput di pelataran. Ngomong-ngomong, Jan Ethes paling suka binatang apa?

Saya terus mengikuti perkembangan pembahasan RUU KUHP secara saksama. Setelah mencermati masukan-masukan dari berbagai kalangan, masih ada sejumlah materi yang membutuhkan pendalaman lebih lanjut. Setidaknya, terdapat kurang lebih 14 pasal yang masih harus ditinjau kembali. Karena itulah, saya telah meminta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk menyampaikan sikap pemerintah kepada DPR, yakni menunda pengesahan RUU KUHP. Saya berharap, pengesahan RUU tersebut dilakukan oleh DPR RI periode berikutnya.

‪Interiornya bagus dan bersih, bahkan ada yang mirip kabin pesawat. Itulah gerbong-gerbong kereta penumpang yang sekarang digunakan untuk kereta rel listrik Bandara Soekarno-Hatta dan kereta api di Indonesia, LRT di Palembang, bahkan sudah diekspor ke Bangladesh dan Filipina.‬ ‪Tahukah Anda, gerbong-gerbong kereta yang nyaman itu dibuat di mana? Saksikan video liputan ini: https://youtu.be/m3MF4Ic67g8

Bersama Ibu Sinta Nuriyah Wahid, Ibu Omi Komariah Madjid, Bapak Quraish Shihab, serta para tokoh multikultural bangsa dalam Forum Titik Temu di Jakarta, siang ini. Forum gerakan kultural oleh Nurcholish Madjid Society, Jaringan Gusdurian, dan Maarif Institute ini digelar sebagai penegasan kebutuhan masyarakat Indonesia untuk terus bekerja sama dan berjalan beriringan dengan berpedoman pada Pancasila. Kemajemukan membuat kita menjadi kaya imajinasi untuk berinovasi. Kemajemukan membuat kita semakin matang, semakin dewasa, dan menjadi satu bagian tak terpisahkan dari sebuah kemajuan ekonomi.

Meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan Riau, langsung di darat dan dari udara, kemarin. Para petugas masih berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut. Pemadaman seharusnya dilakukan semenjak berupa titik api, agar kebakaran tak menyebar seluas ini. Semua harus aktif mencegah kebakaran: kepala desa, camat, bupati, babinsa, babinkamtibmas, polsek, koramil ... semuanya.

Penanganan kebakaran hutan dan lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau, hari ini. Sebanyak 5.600 personil tambahan sudah tiba di Riau dari kemarin. Water bombing sudah digelar di lokasi kebakaran dengan mengerahkan sedikitnya 52 pesawat. Tadi pun saya sempat meninjau kesiapan operasional pesawat penyemai yang hari ini akan membuat hujan buatan di lapangan. Segala upaya kita lakukan untuk menghentikan kebakaran hutan dan lahan di Riau dan sekitarnya. Akan tetapi, yang paling benar adalah pencegahan sebelum kejadian. Satu titik api muncul, langsung dipadamkan sebelum menjadi ratusan titik api. Saya mengingatkan seluruh pihak untuk tidak melakukan pembakaran lahan gambut atau pun hutan. Bagi para pelaku, baik korporasi maupun individu, akan dilakukan tindakan penegakan hukum tanpa pandang bulu.

Kebakaran hutan dan lahan di Riau dan sekitarnya seharusnya tidak terulang lagi kalau saja titik-titik api yang muncul sudah dipadamkan sejak dini, sebelum menjadi ratusan titik api. Perangkat pemerintah dari pusat sampai daerah, juga aparat keamanan sebenarnya mampu melakukan upaya pencegahan. Gubernur memiliki perangkat-perangkat sampai ke bawah: bupati, wali kota, camat, kepala desa. Pangdam punya perangkat dari danrem, dandim, koramil, sampai para babinsa. Kapolda juga punya perangkat dari kapolres, kapolsek, sampai babinkamtibmas. Masalahnya di mana? Kerja sama yang kurang efektif, inisiatif yang tidak maksimal, sehingga perangkat-perangkat ini tidak diaktifkan secara baik. Padahal, seperti saya ingatkan berkali-kali, pencegahan kebakaran lahan dan hutan itu mutlak harus dilakukan. Semalam, setiba di Kota Pekanbaru, dalam rapat terbatas bersama jajaran terkait saya meminta Badan Nasional Penanggulanan Bencana melakukan proses hujan buatan dengan cakupan yang lebih luas sembari menambah pasukan maupun petugas pemadam. Kedua, tindakan tegas penegakan hukum terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan baik yang berasal dari kalangan korporasi maupun individu. Ketiga, melakukan pencegahan di lokasi-lokasi sekitar maupun lainnya agar titik api yang telah diketahui tidak membesar dan menyebabkan meluasnya karhutla.

Mendarat di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, Riau, dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 selepas magrib tadi. Malam ini juga di Pekanbaru, saya langsung menggelar rapat terbatas mengenai kebakaran hutan dan lahan.

English Turkish